4LaY

by - October 26, 2015

Bener dengan apa kata bang Raditya Dika.
Alay adalah proses menuju kedewasaan.

Iya. Gue pernah mengalami fase-fase alay yang nau'udjibillah menjijikkan itu. Mulai dari membuat nama keren sendiri. Entah dengan visi dan misi apa gue akhirnya membuat beberapa nama keren atas gue sendiri.
Mulai dari, @-you, Whoe-lan, Aii-u, RWD, Who-Land (baca: tanah siapa? ), a_you comel, Whulan_gembel dan berbagai nama menjijikan lainnya.
Ada kebanggaan tersendiri yang gue rasakan saat gue memilih nama itu sebagai nama akun media sosial yang gue gunakan saat itu.
Ada banyak sekali tindakan alay yang dulu gue anggap keren dan pernah gue lakukan.


1. Tulisan g4uL

 Saat itu tulisan alay memang lagi nge-trend banget. Dalam tulisan g4uL ada hukum yang berbunyi,


 '' Tingkat keren seorang anak gaul, berbanding lurus dengan banyaknya kolaborasi antara huruf dan angka yang tertera dilayar handphone ''


Walaupun membaca pesannya butuh kekuatan mata yang ekstra, tetapi tulisan huruf dan angka pada masa itu sangat digemari dikalangan anak gaul. Gue bukan anak gaul sih, tapi ikut-ikutan gaul.
Pada saat itu, isi pesan handphone gue kurang lebih berisi pesan singkat seperti ini,
'' Hy. LeCh kNal4n G@g? ''  = Ada desahan dibagian Lech.
'' Gh3 phAeNd? ''                 = Huruf qalqalahnya jelas banget.
'' dAcH m4Kan LumZz? ''     = Gue juga bingung, kenapa ada huruf Z di akhir kata '' belum ''.

Tulisan alay itu juga pernah tampil sebagai status yang gue posting di media sosial yaitu facebook.
Maaf ya Om Mark Zuckerberg.


2. Status facebook
 Hampir sama dengan poin diatas. Selain tulisan status yang menjijikan itu, gue juga sering mengupdate status di facebook.

'' CkiD peRuT NieCh ''

Yang ngelike 10 orang.
Yang komen 4 orang.
Yang diopname 658 orang.
Seberbahaya itu status alay.
Apa-apa harus update. Mau makan update, lagi ngantuk di kelas update. Dan kalian tau berapa kali sehari gue mengupdate status? Mungkin 15 status bahkan lebih. Karena itu gue digelari dengan panggilan Miss Status oleh teman-teman.
Sampai sekarang gue kadang mikir. Status apa aja sih yang pernah gue post saat zaman itu. Entahlah.


3. Penampilan
  Efek kealayan memang mempengaruhi cara penampilan seseorang.
Tampilan gue saat SMP:
- Kaos kaki pendek sependek mungkin, warnanya ngejreng abis.
- Tali sepatu pink.
- Poni keluar dikit ngintip-ngintip manja. Kalo kena hembusan angin serasa jadi bintang iklan shampo. Shampo kuda.
- Punggung jempol dicoret sesuai dengan tema hari itu atau bisa disebut dengan istilah status berjalan.
- Baju bagian belakang dikeluarin dikit. Biar kesannya kayak punya pantat montok gitu.
- Ujung tali pinggang dibiarkan lepas. Minta dilepasin beneran kayaknya. Ini berlaku bagi cewe-cowo saat itu.
- Rok dipinggul. Kayak minta dipelorotin om-om. Tapi kalo dompet si om tebel , ya bolehlah. ASTAGFIRULLAH.
- Pake tas sling bag. Waktu itu pake tas sling bag serasa udah kece badai banget. Yang pake tas sandang biasanya anak kutu buku culun semua.
- Paling anti dengan jilbab yang menjulur ke bawah. Jilbab terjulur kebawah = tembak mati. Separah itu.
- Kalo ketawa, ketawanya ngakak melengking. Pamer kebahagiaan.
- Kalo nangis, sampe 7 sekolah tetangga suara tangisannya kedengeran. Nangis anak alay. Cewek lagi.
- Kalo jajan ke kantin sengaja nggak mau pake plastik. Itu juga jajannya seambreng. Kayak mau buka lapak di kelas. Beli makanan yang pake rentetan panjang. Intinya pamer.
- Kalo beli minum, minumnya ditaruh langsung diujung meja. Minumnya dikit. Seteguk dua teguk, udah. Giliran diminta temen, nggak mau ngasi. Tapi pas jam pulang sekolah, itu minumannya langsung dibuang ke tong sampah. Gegayaan doang beli minum.
Kalo sekarang mah gue kalo beli minum minta yang banyak esnya. Airnya udah habis, gue sampe rela nungguin es es didalamnya mencair dan jadi air lagi. Trus minum. Hemat dan kere itu beda tipis.
betewe, nunggu es mencair aja aku rela. Apalagi nungguin kamu.


4. Gaya foto
 Ini yang paling parah dan bener bener gue sesali seumur hidup. Foto alay. Gue pernah berfoto alay saat duduk dibangku SMP. Selesai foto, biasanya gue langsung mengeditnya dengan memberi tulisan alay yang-nggakk-penting-sama-sekali ditambah kemampuan edit foto yang masih cetek. Dan dengan bangganya gue langsung mengupload foto-foto tersebut. Allahuakbar.
Berikut gue hadirkan foto-foto tersebut.
Bismillah.
Al-Fatihah.





Apa banget nama sampe berkali kali. Tulisan namanya juga alay.
Caption: Gue tirus kan?
Lokasi foto: Kamar kakak.


Gue dan Nova. (Adik). Gue sungguh berdosa.
Udah mengajak Nova ikut berpose alay. Efek editan parah.
Caption: Abang udah mandi belum? Sini bang adek cium.
Lokasi foto: Kamar kakak



Percayalah gaes. Baju yg gue pake itu warna ungu.
Edit kamera ternyata bisa mengubah warna baju. Keren.
Caption:  A'a udah sarapan belum? Sini yuk biar neng buatin.
Lokasi foto: Ruang tamu



Caption: Keseringan begadang. Duuh kantong mata.
Lokasi: Kamar kita. Emm maksud gue, kamar gue sendiri.


Gue dan Nova. Lagi-lagi anak ini ikut befoto alay bersama gue.
Caption: gue: Lu jelek banget sih. Iyuuh
Nova: LU KAKAK ALAY!
Lokasi foto: Kamar kakak.




Betewe itu kenapa muka gue jadi lebar kayak telor dadar setengah mateng gitu.
Caption: Hayoo tebak ini siapa?? Sengaja mukanya cuma setengah.
Lokasi foto: Ruang tamu





Jidat: lapangan bola
Hidung: ancur
Bibir: entahlah
Caption: 3-2 jawabannya  SATUUUUUUUUUUU
Lokasi foto: Kamar kakak.






Pesan yang bisa dikutip dari postingan kali ini adalah: 

           Jangan pernah berfoto dengan muka setengah.


tengkiyu.


Tamat.







You May Also Like

59 comments

  1. Wkwkwkw.
    Bukannya sekarang juga masih alay. :p

    Satu lagi, pose foto yang ambil gambarnya dari atas. Itu juga alay. Dan gue pernah melakukan itu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mah gue kalem :p

      Hahahaa iya itu apalagi. Alay parah.
      Dih lu pernah melakukan itu. Fix, lu alay sealay-alaynya.

      Delete
  2. HAHAHAHAHAHAHA.

    Ini anak, sealay-alaynya aku kayaknya gak pernah sampe nyerempet ke soal beli makanan dan minuman. Dari awal sampe selesai baca postingan ini, aku istighfar terus. Untung sekarang udah kembali ke jalan yang benar.

    Aku juga dulu suka update di facebook. Sampe bikin puisi cemen juga di note facebook. Lirik lagu ditulis di note. Tentunya dengan kaidah penulisannya yang sangat-sangat menyimpang dari EYD. Makin menyimpang, makin keren.

    Btw, facebookmu apa, Lan? Kurang puas nih liat foto alaynya. HUAHAHAHA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa makanan dan minuman jajanan anak alay memang begitu Cha :D
      Wah sama. Aku juga udah kembali ke jalan yg lurus dan benar Cha. Uhuk.

      Hahahaaa ini perempuan bingits. Lirik lagu yg galau-galau pasti deh.
      Iya Cha. Makin unik tulisan, jadi ngerasa makin keren. Wkaka

      Emm nggak usah Cha. Kamu nggak mau diopname seminggu kan karena habis lihat foto-foto alay itu?

      Delete
    2. ica, wulan. kalian bnyak'' istighfar ya

      Delete
    3. Fb'a https://www.facebook.com/rahayu.wulandaryii
      dulu nama'a Wulan Gembel Cha :D

      Delete
    4. Fauzi: Hahahaaaa apa salah kami qaqaa?

      Chisana: ya Allah. Astaga mas. Sampe dikasih bener alamatnya :'D huwaaaaa

      Delete
  3. Itu yang foto ke tiga tali bra-nya keliatan. Trus foto bawahnya gak pake ya? Apa pake model yang 'gak biasa'? *kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa yang bawah itu pake.
      Heiii jangan kabur !

      Delete
    2. Astagfirullah. Sebelumnya gue nggak engeh, berkat komen ini gue coba lihat lagi. WOAHAHAHAHA. RENGGO BGST!

      Delete
    3. Wow.... kalian jeli sekali dengan yang namanya tali beha! Para lelaki peka. *standing applause*

      Delete
    4. Yoga: HAHAHAAA KAMVRET LUU. ((COBA LIHAT LAGI))

      Delete
    5. Icha: Hahaaa iya Cha. Dasar para lelaki. Tali beha doang padahal ya Cha.

      Delete
    6. BGST apa sih? BAGUST kan?

      *jepretin talinya Icha, Wulan & Yoga*

      Delete
    7. Ehm gue curiga deh. Ini bang Renggo bolak balik ke postingan ini mau balesin komen atau mau lihat tali beha??

      HAHAHAAA YOGA PUNYA TALI BEHA JUGA? YA AMPUUN

      Delete
    8. Renggo memang bajingan! Bolak-balik mulu.
      Anjir, kagaklah!
      Ukuran gue berapa kalo pake beha? Cuma 2B?

      Delete
    9. 2B? Hmmm bisa tuh dibuat ujian. :v

      Delete
  4. Anjrit bintang iklan shampo. Shampo kuda. wkwkwk :D

    Pesannya lhe ugha =D

    ReplyDelete
  5. sealay-alay nya saya, p'ling'nd cuman dyem hal t'liz'nd ajha mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa untunglah cuma tulisan doang ya mba :)

      betewe kamu saudaranya Darma Kusumah ya?

      Delete
    2. Adik dari sepupu omanya yang kakak ipar dari kakeknya.

      Delete
    3. Huuuaaannnnjjiiirrrr kalian. Bubar babar. :p

      *Hmm. Mikir bolak balik komenannya Yoga

      Delete
    4. Iya Cha, habisnya sama-sama kusumah dibelakangnya :D

      Delete
    5. Yoga: Hahahaaa otak gue belibet mikirnya woi -__-

      Delete
    6. Darma: HAHAHAAAA TYPO LU. Benerin dulu deh.

      Delete
    7. haha, siapa tuhh darma kusumah :)

      yang komen diatas itu yee :)

      Delete
  6. Replies
    1. Zaman saat kerajaan Majapahit masih memimpin mba.

      Delete
  7. ternyata lu juga pernah alai... cantik lagi pas alay walaupun kayak bukur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaaha alay itu menjijikkan.

      Hmm betewe bukur itu apa man?

      Delete
  8. kalo dulu alay jadi sekarang apa dong

    btw fhoto alay mulutnya memang harus monyong gitu ya,? kayak ikan cupang, hehe *kiding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi cakep dan kalem. Uhuk.

      Hahaa dunia gaya monyong gitu udah berasa keren bingits mas. Tapi sekarang ngerasa nyesal udah ngelakuin itu -___-
      Haha iya nggak papa :)

      Delete
  9. wkwkw alaynya unyu ya btw

    Smua orang pernah alay pada masanya, gue juga pernah bkin postingan kayak gini nih: http://dijehtheory.blogspot.co.id/2015/03/astagfirullah-aku-hina-mz.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sekarang nggak unyu kak? Key. Gitu.

      Waahahaa iya iya ntar meluncur ke postingan itu ya :))

      Delete
  10. sekarang masih alay gak mbak hahahaha

    ReplyDelete
  11. itu fase biasa kok sis.. wajar saja :")
    kalau gue karena dulu waktu punya facebook bukan termasuk orang yang narsi suka foto2, maka virus alay yang menyerang gue hanya berupa tulisan. dan infeksi virus itu bisa terbilang cukup parah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kayaknya fase alay suka foto2 narsis itu terjadi sekarang ya Jev.
      Waaw separah apa tulisan alay lu?

      Delete
  12. Hm, gue sealay-alaynya juga males pake nama gembel. Ini Wulan Ghembel kok bangga? :p
    Mau nyaingin wedhus gembel?
    Kalo nama, sih, alhamdulillah kagak pernah alay. Selalu menghargai nama pemberian ortu.

    Yang pake celana di pinggang emang bangkeee. Dipelorot-pelorotin biar boxer kelihatan. XD
    Btw, sliping bag itu tas selempang bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa entahlah Yog. Gue rada-rada waktu itu. Pake gembel segala.
      Lu wedhus? :P
      Hasek. Ini nih anak yg berbakti ke orangtua.

      Iya, lu banget itu mah.
      Iya Yog, tas selempang. Yang tinggal dicantolin langsung ke bahu. Hahaa

      Delete
    2. :3 Btw sliping bag? yang buat tidur-tidur kalau mendaki bukan?

      Delete
  13. wahahah...alay emang proses pendewasaan.gak usah malu karna semua orang pernah mengalaminya,walaupun pas diinget2 lagii rasanya pengen menenggelamkan diri ke L4uT L3p4Z...laaaah...hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba :))
      hahaa ini kenapa komennya malah alay?

      Delete
  14. bhahhahahha...syok plus kaget juga lan hihik

    klo pake kaos kaki pendek langsung di point kalo di sekolahku dulu

    point penampilan sepertinya kebanyakan yang melakukan adalah masa SMA ya
    yaampun bener bener ngakak yang bagian pelafalan kayak lech, qolqolah hahahhahah sa ae lu lan :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa astaga mba Nita sampai syok dan kaget.
      Wah iya ya mba. Padahal itu ngetrend banget dulu. Wkwkk
      iya mba. Pas SMA. Pengen tampil beda gitu :D

      Hahahaaa alay sih mbak :D

      Delete
  15. kayaknya ga dulu, ga sekarang tetep alay sih yak. ngaku ae, lan. ga usah malu''.
    tapi asli, mata gue perih juga sih baca tulisan lu itu. coba deh lu baca status'' alay elu yg tahun'' kapan tau, pasti lu nangis juga bacanya. ntar bakalan mikir, gue kok sehina ini ya?

    Rok dipinggul. Kayak minta dipelorotin om-om. Tapi kalo dompet si om tebel , ya bolehlah.
    baca tulisan ica tadi, mesum. kesini juga kyak gini. TOBAT ELU BEDUA. asli, gue jd mikir yg nggak'' kan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa sekarang mah udah kalem Zi :p
      Jaaah sama, Gue juga. Mata gue juga sakit baca status alay dulu. Hahaa bener Zi.

      Astagfirulloh. Itu dibajak. bener.
      Hahahaaa

      Delete
  16. Huahaha akhirnya di posting juga foto-foto alay'a
    Dulu bilang'a aib jangan sampe diposting foto-foto alay'a:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sekian banyak foto alay yang bikin perih dimata, saya seleksi lagi mas. Ini cuma beberapa doang haha

      Ya walaupun tetep perih dimata ya :D

      Delete
  17. aku juga pernah ngerasain jamanan nya masih SMP, kadang ketawa sendiri liat facebook yang masih jamanan SMP kata2nya alay, poto nya masih ga banget, kadang bener2 masa cabe2an hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya mba. Zaman SMP memang parah-parahnya ya.
      Masa cabe-cabean. Wkakaaa sama mbak.

      Delete
  18. Kyaknya hmpir smua org prnah ngalamin masa2 alay jg deh kak. Karna alay pada masanya itu bener2 keren. Trmasuk tulisan dan gaya berfotonya tuh! Hahaha. Dan yg mnjadi saksi bisu ke-alayanku pda saat itu adalaahh..... Facebook! Iya, Facebook. Di situ ada msh ada foto alay sm status alay ku tuh. Kalo poto alay udh pda di lock deh, mau diapus jg sayang, kan gtu2 jg kenangan... Kenangan memalukan. Wakakak. Masa2 alay ku dri mulai SD menjelang SMP sampe SMA kls 1. Pas SMA udh mulai tobat tuh. Wkwk
    Cuma kalo nama gak prnah aku ubah2 yg aneh2. Cuma Andita doang yg aku ubah jd 'anditha' ampe skrg. Huehe.

    Itu kelakuan pas SMP beneran tuh kak? Parah amat. Hahaa. Kalo pake tali spatu pink pernah sih aku, ngetren bgt soalnya. Abs itu lgsg diomelin guru #plaak.
    Poto2nya kocak abis kak! Ngeditnya msh pake hp bb tuh pstinya kan? Apa nokia? Bhahahaa. Kok foto yg mirip raisa yg ada di postingannya chisana gak ada mbak? Itu keren loh! Wkwk. Alhamdulillah deh skrg udh tobat :) bnyak yg udh kmbali ke jalan yg benar, trmasuk aku :') ntr facebooknya aku add ya kak, skrg di facebook jg udh bnyak yg tobat kok, gak separah dulu..

    ReplyDelete
  19. Wkwkwkwkwkwkwk aduh aku juga jadi inget jaman-jamannya alay ake bgt, pas kelas 7-8 lah... Mulai dari nama sendiri di-alayin, aduh... X)) serasa flashback.
    Btw, yang penampilan, kayaknya aku nggak gitu ah penampilannya. Berarti aku nggak alay banget dongs wk.
    Mm, itu fotonya beneran niat banget. Waktu kapan itu kak fotonya? Cantik banget, lucu, unyu gitu. Cantikan yang ini malah fotonya. :(

    ReplyDelete

Komentarnya ditunggu kakak~